Saturday, April 26, 2008

KPUD Serahkan Hasil Pilgub Jabar Ke DPRD

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat, telah menyerahkan berkas acara rekapitulasi perhitungan suara pemilihan gubernur (Pilgub) Jabar dan surat keputusan (SK) penetapan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih kepada Ketua DPRD Jabar, HAM Ruslan pada Jumat (25/4).

“SK Penetapan calon terpilih agar ditindaklanjuti oleh DPRD Jabar dengan mekanismenya sendiri, untuk disampaikan kepada Presiden melalui Mendagri,” ujar Setia Permana, Ketua KPU Jabar.

Berdasarkan hasil perhitungan Pilgub Jabar yang sudah berakhir, KPUD menetapkan pasangan H Ahmad Heryawan dan Dede Yusuf yang diusung oleh PKS dan PAN sebagai calon gubernur dan dan wakil gubernur terpilih untuk priode 2008-2013. Pasangan ini memperoleh 7.287.647 suara

Pasangan ini mengalahkan H Agum Gumelar - H Nu`man Abdul Hakim dengan memperoleh 6.217.557 suara dan pasangan H Danny Setiawan - H Iwan Sulanjana dengan perolehan 4.490.901 suara.

“Berita Acara dan SK Penetapan KPU Jabar, akan kami sampaikan kepada Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, melalui Menteri Dalam Negeri RI dalam tiga hari kerja,” kata Ketua DPRD Jabar HAM Ruslan.

Dengan demikian tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun ini, sudah diselesaikan oleh KPUD Jabar. Meski pekerjaan sekretariatan KPU Jabar belum rampung 100%, karena pasangan Danny-Iwan dan Agum-Nu‘man belum menyerahkan laporan penggunaan dana kampanye. (Argus Firmansah/Jurnal Nasional/Bandung)

No comments: