Sunday, February 24, 2008

Jabar Siap Gelar Pilkada Damai

Ribuan orang yang terdiri dari satuan tugas dari ormas dan parpol pendukung tiga pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub), tumpah ruah di depan Gedung Sate Bandung, tempat dilangsungkannya Launching Jadwal - Calon, Deklarasi & Pawai Damai - Pilgub Jabar 2008, Sabtu (23/2) kemarin.
Pasangan cagub dan cawagub dengan nomor urut 3, Ahmad Heryawan - Dede Yusuf yang kini memiliki sapaan politik Hade, tiba paling awal dibanding pasangan lain. Disusul kemudian pasangan nomor urut 1, Danny Setiawan - Iwan (R Sulandjana (Da'i), dan pasangan nomor urut 2, Agum Gemelar - Nu'man Abdul Hakim (Aman).
Pasangan Aman tiba di jalan Diponegoro kemudian menunggang kuda ronggeng menuju tribun acara yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jabar di Lapangan Gasibu, Bandung, pada Sabtu (23/2) pagi.
Ribuan partisan pendukung masing-masing cagub dan cawagub memadati arena tribun para cagub dan cawagub dengan mengenakan kaos bergambar pasangan cagub dan cawagub beserta lambang-lambang partai pendukung pasangan tersebut.
Masyarakat Jawa Barat, Bandung dan sekitarnya nampak antusias melihat calon pemimpinnya hadir di tengah mereka, meski barikade satuan tugas dari ormas menjaga ketat arena tribun para cagub dan cawagub.
Pada kesempatan itu tiga pasangan calon naik ke atas panggung setelah beberapa acara selingan berupa sajian paduan suara mahasiswa, musik sunda, wayang golek dan tarian. Ketiga pasangan cagub dan cawagub memperkenalkan profil masing-masing kepada khalayak.
Ketua KPUD Jabar, Setia Permana, mengharapkan, ajang perkenalan itu tidak digunakan sebagai motif kampanye. Aacara launching merupakan sosialisasi pemilihan gubernur 2008. "Kita mengimbau agar semua pasangan calon menaati aturan main pilgub ini dengan baik. Serta menggunakan masa kampanye yang dimulai tanggal 27 Maret hingga 9 April 2008 untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang demokrasi yang baik. Bahwa demokrasi bukan persoalan menang atau kalah," ujar Setia Permana.
Tiga pasangan cagub dan cawagub itu merupakan yang terbaik dari Jawa Barat. "Siapa pun yang akan memenangkan kompetisi ini nanti adalah pilihan rakyat Jawa Barat," kata Setia Permana dalam sambutannya di hadapan tiga pasangan calon.
Tiga pasangan calon kemudian membacakan Deklarasi Damai Pilgub 2008 secara bersama-sama di hadapan para saksi, yaitu KPUD Jabar, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Muspida Jabar, DPRD Provinsi Jabar, Polda Jabar, dan pejabat lain yang terkait.
Deklarasi itu berisi 8 pasal kesepakatan bersama untuk menyukseskan Pilgub Jabar 2008 itu. Tahapan-tahapan Pilgub Jabar 2008 ini diharapakan menjadi model untuk Pilkada di daerah lain di Indonesia. Saat ini, KPUD Jabar termasuk 5 KPU Daerah terbaik dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah.
Usai pembacaan deklarasi, tiga pasangan cagub dan cawagub 2008-2011 melakukan pawai damai ke jalan-jalan protokol, dimulai dari depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, diikuti partisan dan massa pendukung masing-masing pasangan calon. Tiga pasangan calon berkonvoi menggunakankendaraan hias. (Argus Firmansah/Jurnal Nasional/Bandung)

No comments: