Saturday, March 1, 2008

DPT dan TPS Pilgub Jabar 2008 Disahkan

KOMISI Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Jawa Barat mengesahkan rekapitulasi jumlah pemilih terdaftar di Aula Kantor KPUD Jabar di Bandung, Jumat (29/2).

Rapat pleno penetapan jumlah pemilih terdaftar dan jumlah TPS di seluruh kota dan kabupaten di Jawa Barat siang itu dihadir oleh masing-masing tim kampanye cagub dan cawagub, jajaran Muspida Provinsi Jawa Barat, serta Panwaslu provinsi Jabar dan panitia Pilgub Jabar 2008 dari setiap wilayah.

Ferry Kurnia Rizkiansyah, Ketua Pokja Sosialisasi, Kampanye dan Pemutahiran Data Pemilih, KPUD Jabar kepada Jurnal Nasional kemarin, mengatakan, paling tidak ada tiga koridor yang harus dikondusifkan, antara lain: mekanisme normatif pelaksanaan hitung suara harus benar-benar sesuai dengan aturan tim PPK, KPPS dan panitia di TPS hendaknya bekerja berdasarkan asas jujur dan adil. KPUD Jabar, kata Ferry, mengharapkan mekanisme penghitungan suara harus transparan atau terbuka kepada masyarakat.

Data pemilih pada Pemilu tahun 2004, kata Ferry, terhitung 26 juta orang di Jawa Barat yang ikut dalam pemilihan umum presiden. Pada tahun ini kita pantas bersyukur karena jumlah pemilih terdaftar hampir mendekati angka 28 juta pemilih. "Data DPT yang nanti disahkan tidak boleh berubah setelah ditetapkan dan disepakati bersama," katanya.

Ferry juga merasa optimistis bawah pelaksanaan Pilgub Jabar 2008 tidak akan terjadi deadlock, karena semua tahapan dan mekanisme yang dilakukan oleh KPUD Jabar sudah sesuai dengan aturan.

Komisi Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tiap kota dan kabupaten se-Jawa Barat melaporkan jumlah pemilih terdaftar dan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah disahkan di tingkat kota dan kabupaten.

Total rekapitulasi jumlah pemilih terdaftar yang kemudian disahkan menjadi angka DPT adalah 27.972.924 pemilih dengan total 63.005 TPS. Dari hasil perhitungan daftar pemilih terdaftar yang ada di seluruh Kabupaten di Jawa Barat, jumlah pemilih Kabupaten Bogor terhitung paling besar setingkat Kabupaten, yaitu 2.752.898 pemilih. Sementara jumlah pemilih terbesar setingkat kotamadya adalah Kota Bandung dengan jumlah total DPT 1.585.684 pemilih. (Argus Firmansah/Jurnal Nasional/Bandung)

No comments: