Wednesday, March 5, 2008

Breakjazz Di-Break Agum Gumelar

Selasa (4/3) malam Bandung diguyur hujan, tetapi pecinta musik jazz Bandung tetap hadir di Bumi Sangkuriang, Bandung. Pasalnya, para musisi kawakan dari berbagai generasi tampil secara bergiliran di atas pentas.

Salamander Big Band, 4 Peniti, Bhaskara 2008, dan Logic (Australia) tampil secara bergiliran dengan kemampuan musikalitas yang sangat tinggi.

Salamander Big Band dikawal oleh Benny Likumahuwa dalam menyajikan komposisi dan aransemen lagu dari berbagai negeri.

Benny Likumahuwa mengatakan, bahwa Big Band di Indonesia seringkali salah kaprah. Big Band menurutnya bukan penampilan jazz dengan banyak musisi, tetapi ada syarat-syarat dari Big Band itu antara lain ada 5 saxist, 2 altoist, 5 pemain trombone, 5 trompet, dll.

Big Band kali pertama muncul di era Swing yang lebih dikenal dengan dance music. Karena Big band sering digunakan untuk dansa. Yang menarik menurut Benny Likumahuwa, bahwa kunci Big band ada pada drum, lead oleh para saxist, sementara trombone dan trompet hanya aksen pada tempat-tempat tertentu saja.

Suasana nyaman pun berganti jadi politis, karena kehadiran Agum Gumelar di tengah sajian musik jazz Salamander Big Band. Menurut salah satu penyelenggara Agum Gumelar “curi adegan” dengan hadir di perhelatan musik jazz Bandung. Setelah dikonfirmasi oleh KOKTAIL, dia mengaku tidak mendapat kabar tentang kehadirannya di even tersebut.

Agum Gumelar dalam pidatonya menyatakan dukungan kreatif musisi jazz asal bandung yang akan tampil dalam Javajazz Music Festival. “Mudah-mudahan Javajazz yang akan berlangsung besok dapat berlangsung dengan sukses,” ujar Agum Gumelar yang merupakan pasangan AMAN (Agum-Nu’Man) dalam Pilgub Jabar 2008.

Agum juga tampil bersama kelompok jazz Bhaskara 2008 dengan lagu Livin on The Jetplane. Dalam perhelatan jazz tersebut pihak Bumi Sangkuriang memberikan formulir anggota kehormatan sebanyak empat buah yang diberikan secara langsung oleh Dr. Rivai. Sementara Ibu Agum Gumelar mendapat karangan bunga sebagai tanda kehormatan.

Dadang, salah satu kru teknis dalam even itu mengatakan, “Dia curi adegan. Itulah politisi kita,” katanya setelah kehadiran Agum Gumelar di event Breakjazz malam itu. (Argus Firmansah/KOKTAIL/Bandung)

No comments: