Friday, March 28, 2008

Adu ‘Taji” Visi Misi Cagub Jawa Barat

Suasana ruang sidang Paripurna DPRD Jawa Barat, Kamis (27/3) sedang ada perhelatan istimewa. Para calon gubernur negeri Sunda itu, akan tampil satu persatu di atas mimbar. Menyajikan argumennya di hadapan anggota DPRD Jawa Barat dan organisasi massa setempat.

Itulah, hari pertama tabuhan dimulainya proses pemilihan Gubernur Jawa Barat untuk priode 2008-2013. Acara yang digelar oleh KPUD Jawa Barat ini, agendanya mendengarkan penyampaian visi dan misi setiap calon yang akan berlaga memperebutkan kursi Gubernur.

Acara itu dibuka dengan pembacaan Ikrar Bersama yang dibacakan oleh Ketua DPD Partai Golkar, UU Rukmana. Ikrar bersama itu berisi consensus semua partai pendukung cagub dan cawagub untuk melaksanakan Pilgub Jabar secara demokratis dan damai.

Visi dan misi serta program 2008-2013 dari pasangan cagub dan cawagub Danny-Iwan (Da‘I) disampaikan oleh Danny Setiawan sendiri tanpa didampingi Iwan Ridwan Sulanjana. Danny memaparkan visi dan misi Jabar 2008-2013 secara terperinci setelah menyampaikan progress report pembanguan Jawa Barat lima tahun terakhir. Da‘ I meluncurkan program SUKSES 2013 di hadapan sidang.

SUKSES itu akronim dari Sejahtera Unggul Kondusif Selaras Efisien dan Akuntabel Sauyunan. Fokus program Da‘I adalah meningkatkan modal sosial dengan memberdayakan kearifan lokal untuk membangun Jawa Barat lebih baik.

Pasangan Agum-Nu‘ man (Aman) hanya menyampaikan visi berjudul Mewujudkan Jawa Barat Bersatu Untuk Ke Satu. Visi yang dibacakan langsung oleh Agum Gumelar banyak mengkritisi hasil pembangunan Jawa Barat pada masa Danny Setiawan dan pasangan Agum Gumelar sendiri, yaitu Nu‘man Abdul Hakim.

“Pemimpin yang baik adalah melanjutkan program terbaik dari pemimpin yang lalu, serta meninggalkan program yang buruk tanpa caci maki. Saya mohon do‘a restu, bukan dukungan karena dukungan harus dari hati nurani,” ujar Agum Gumelar

Visi dari pasangan H Ahmad Heryawan - H Dede Yusuf (Hade) adalah Membangun Jawa Barat Mandiri, Dinamis dan Sejahtera. Program yang tidak dipaparkan oleh pasangan Da‘ I dan Aman adalah pemberdayaan perempuan oleh Hade. Ibu sebagai pusat pendidikan generasi baru masyarakat Jawa Barat. Hal itu disampaikan Yusuf Macan Effendi setelah memaparkan 8 butir misi dan 11 program unggulan.

Sementara Rapat Istimewa Pengampaian Visi dan Misi dan Program Calon Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Barat berlangsung terjadi aksi damai di depan Gedung Sate oleh Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Jawa Barat yang menuntut Pilgub jabar 2008 menjadi ajang demokrasi rakyat, bukan kepentingan politik parpol.

Aksi tersebut bersamaan dengan pembagian kaos kampanye oleh tim sukses pasangan Ahmad-Dede (Hade) di jalan Diponegoro dari kendaraan kampanye pasangan Hade. Hal lain, persiapan kampanye pasangan Danny-Iwan (Da‘ I) yang akan dilaksanakan Jum‘ at (28/3) besok sudah terpasanga ribuan bendera Partai Demokrat disusul bendera Partai Golkar di lapangan sekitar Gasibu Bandung. (Argus Firmansah/Jurnal Nasional/Bandung)

No comments: