Wednesday, August 13, 2008

Dekade Dedikasi: 10 Tahun Selasar Sunaryo Art Space

Dalam rangka memperingati 10 Tahun Selasar Sunaryo Art Space (SSAS), kami menyelenggarakan rangkaian program bertajuk “Dekade Dedikasi: Mengenang 10 Tahun Selasar Sunaryo Art Space”. Rangkaian program tersebut terdiri dari:
1. Pameran “A Decade of Dedication: Ten Years Revisited” yang memamerkan karya-karya dari seniman-seniman terpilih yang pernah berpameran di SSAS: Adhya S. Ranadireksa, Agus Suwage, Arin Dwihartanto, Ay Tjoe Christine, Ahadiat Joedawinata, Anggun Priambodo, Arief Tousiga, Asmudjo Jono Irianto, Dadan Setiawan, Deden Sambas, Diyanto, Duto Hardono, Erik M. Pauhrizi, Gusbarlian Lubis, Handiwirman Syahputra, Haryadi Suadi & Radi Arwinda, alm. Hendrawan Riyanto, Heri Dono, Joko Dwi Avianto, Jumadi Alfi, Muhammad Irfan, Nindityo Adipurnomo & Mella Jaarsma, Rizki Resa Utama (Oq), R.E. Hartanto, Rosid, Rudi Mantofani, Seno Gumira Ajidarma, Sunaryo, Tisna Sanjaya, TROMARAMA (Febie Babyrose, Ruddy A. Hatumena, Herbert Hans), VIDEOBABES (Prilla Tania & Ariani Darmawan), Yunizar, Yusra Martunus, Yusuf Ismail. Pameran akan berlangsung sampai 26 September 2008.
2. Peluncuran buku “ Dekade Dedikasi / A Decade of Dedication” yang berisi catatan, esai, dokumentasi kegiatan dan rancangan program jangka panjang SSAS. Buku ini akan memuat kontribusi beberapa penulis nasional maupun internasional, yaitu: Jim Supangkat, Sardono W. Kusumo, Yuswadi Saliya, Rizki A. Zaelani, Patrick Duarte Flores, Agung Hujatnikajennong, Asmudjo Jono Irianto, Hendro Wiyanto, Aminudin TH Siregar, Gustaff Hariman Iskandar, Hendro Wiyanto, Wulandani Dirgantoro, R.E.Hartanto.
3. Peluncuran website http://www.selasarsunaryo.com/ dengan penampilan baru.
4. Peresmian fasilitas baru SSAS, yaitu “Pustaka Selasar”.
Keseluruhan program akan dilaksanakan pada:
Hari/tanggal : Jum’at,5 September 2008, Waktu : Pukul 15.30 – 19.00 WIB, Tempat : Selasar Sunaryo Art Space Jl. Bukit Pakar Timur no.100 Bandung. Akan diresmikan oleh : Goenawan Mohammad.
Pengantar
Semenjak pendiriannya pada tahun 1998, Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) telah menjadi tempat yang memiliki reputasi bertaraf nasional dalam hal penyelenggaraan berbagai kegiatan seni budaya. Sepuluh tahun memang bukan waktu yang panjang, namun, dalam perjalanannya SSAS telah berkembang menjadi institusi yang semakin besar, baik dari segi skala program yang diselenggarakan, fasilitas fisik dan organisasi. Semua itu mengarah pada realisasi dan pengembangan visi dan misi yang telah dicanangkan, yakni menjadi pusat penyimpanan, pameran dan pengkajian karya-karya Sunaryo sebagai figur penting dalam khasanah seni rupa Indonesia.
Menjadi pusat kegiatan seni budaya yang paling aktif dalam skala nasional maupun internasional melalui penyelenggaraan pameran seni rupa dalam pengertian yang luas, seni pertunjukan, pemutaran film dan forum pertukaran pengetahuan yang terbuka untuk publik mendukung terselenggaranya mekanisme medan sosial seni yang sehat dan ideal demi pembangunan infrastruktur seni rupa di Indonesia.
Tujuan Program
Menginjak tahun kesepuluh ini, SSAS ingin membuat suatu kegiatan yang bermaksud menggarisbawahi dan menyosialisasikan semua catatan perkembangan yang terjadi dalam lembaga ini.
Dengan tujuan mempublikasikan visi dan misi SSAS secara lebih luas dan mendalam dalam skala nasional maupun internasional. Hal ini sangat penting mengingat SSAS didirikan dan dijalankan untuk kemaslahatan publik yang semakin luas di masa-masa mendatang. Menandai pencapaian SSAS dalam 10 tahun terakhir dan melihat kontribusi yang telah dilakukan pada publik dan perkembangan seni budaya pada umumnya. (Agung Hujatnikajennong – Kurator Pelaksana Harian SSAS).
Besar harapan kami kegiatan ini dapat diliput sebagai salah satu kegiatan budaya di Bandung khususnya dan skala nasional pada umumnya.
Hormat kami,
Anggia Tresna
[Program Manager]
(Program ini terbuka untuk umum dan gratis!!!)

No comments: